Beliau adalah seorang hafizh lagi faqih bermadzhab Syafi’i. Siapa
yang tidak mengenalnya dan siapa yang tidak mengakui kedalaman dan keluasan
ilmunya. Beliaulah penulis kitab Fath al-Bari yang menjadi syarah kitab Shahih
Bukhari, yang hingga saat ini menjadi rujukan umat Islam. Tentang bid’ah,
beliau memiliki kesamaan pandangan dengan al-Imam ‘Izzuddin bin Abdissalam rahimahullah
dan al-Imam al-Suyuthi rahimahullah. Simaklah ucapan beliau berikut
ini:
وَالْبِدْعَةُ أَصْلُهَا مَا أُحْدِثَ
عَلَى غَيْرِ مِثَالٍِ سَابِقٍٍ وَتُطْلَقُ فِي الشَّرْعِ فِيْ مُقَابِلِ
السُّنَّةِ فَتَكُوْنُ مَذْمُوْمَةً وَالتَّحْقِيْقُ أَنَّهَا إِنْ كَانَتْ مِمَّا
تَنْدَرِجُ تَحْتَ مُسْتَحْسَنٍِ فِي الشَّرْعِ فَهِيَ حَسَنَةٌُ وَإِنْ كَانَتْ
مِمَّا تَنْدَرِجُ تَحْتَ مُسْتَقْبَحٍِ فِي الشَّرْعِ فَهِيَ مُسْتَقْبَحَةٌُ
وَإِلاَّ فَهِيَ مِنْ قِسْمِ الْمُبَاحِ وَقَدْ تَنْقَسِمُ إِلَى اْلأَحْكَامِ
الْخَمْسَةِ
Artinya: “Dari segi bahasa, bid’ah adalah sesuatu yang
dikerjakan tanpa mengikuti contoh sebelumnya. Dalam syara’, bid’ah diucapkan
sebagai lawan bagi sunnah, sehingga bid’ah itu pasti tercela. Sebenarnya,
apabila bid’ah itu masuk dalam naungan sesuatu yang dianggap baik oleh syara’,
maka disebut bid’ah hasanah. Bila berada dalam naungan sesuatu yang dianggap
buruk menurut syara’, maka disebut bid’ah mustaqbahah (tercela). Bila tidak
termasuk dalam naungan keduanya, maka menjadi bagian yang bersifat mubah. Dan
bid’ah itu dapat dibagi menjadi lima hukum.” [1]
Wallahu a’lam
0 comments:
Post a Comment