Beliau adalah seorang muhaddits dan faqih,
penulis kitab Subul al-Salam yang menjadi syarah bagi kitab Bulugh
al-Maram. Di dalam kitab tersebut ada ungkapan beliau yang berkaitan dengan
bid’ah. Beliau berkata:
الْبِدْعَةُ لُغَةًَ: مَا عُمِلَ عَلَى
غَيْرِ مِثَالٍِ سَابِقٍ، وَالْمُرَادُ بِهَا هُنَا: مَا عُمِلَ مِنْ دُوْنِ أَنْ
يَسْبِقَ لَهُ شَرْعِيَّةٌُ مِنْ كِتَابٍِ وَلاَ سُنَّةٍِ وَقَدْ قَسَّمَ
الْعُلَمَاءُ الْبِدْعَةَ عَلَى خَمْسَةِ أَقْسَامٍِ: وَاجِبَةٍِ كَحِفْظِ
الْعُلُوْمِ بِالتَّدْوِيْنِ وَالرَّدِّ عَلَى الْمَلاَحِدَةِ بِإِقَامَةِ
اْلأَدِلَّةِ، وَمَنْدُوْبَةٍِ كَبِنَاءِ الْمَدَارِسِ، وَمُبَاحَةٍِ
كَالتَّوْسِعَةِ فِيْ أَلْوَانِ الطَّعَامِ وَفَاخِرِ الثِّيَابِ، وَمُحَرَّمَةٍِ
وَمَكْرُوْهَةٍِ وَهُمَا ظَاهِرَانِ، فَقَوْلُهُ: -كُلُّ بِدْعَةٍِ ضَلاَلَةٌُ-
عَامٌّ مَخْصُوْصٌ
Artinya: Menurut bahasa, bid’ah adalah sesuatu yang
dikerjakan tanpa contoh sebelumnya. Yang dimaksud bid’ah di sini adalah sesuatu
yang dikerjakan tanpa didahului adanya pengakuan syara’ melalui al-Qur’an dan
Sunnah. Ulama telah membagi bid’ah ke dalam lima bagian: a) Bid’ah wajib,
seperti memelihara ilmu-ilmu agama dengan membukukannya dan menolak terhadap
kelompok-kelompok sesat dengan menegakkan dalil-dalil; b) Bid’ah mandubah,
seperti membangun berbagai madrasah; c) bid’ah mubahah, seperti menjamah
makanan yang bermacam-macam dan baju yang indah; d) bid’ah muharramah; dan e)
bid’ah makruhah, sedangkan keduanya telah jelas contoh-contohnya. Dengan
demikian, hadist yang berbunyi –“Semua bid’ah itu sesat”— adalah kata-kata umum
yang dibatasi jangkauannya.” [1]
Wallahu a’lam
0 comments:
Post a Comment