Beliau
adalah seorang hafizh lagi faqih dari kalangan madzhab Maliki. Pernyataan beliau tentang bid’ah pun
memperlihatkan pandangan beliau yang tidak menganggap semua bid’ah itu dhalalah.
Simaklah apa yang beliau katakan:
وَأَمَّا قَوْلُ عُمَرَ نِعْمَتِ الْبِدْعَةُ فِيْ لِسَانِ
الْعَرَبِ إِخْتِرَاعُ مَالَمْ يَكُنْ وَابْتِدَاؤُهُ فَمَا كَانَ مِنْ ذَلِكَ فِي
الدِّيْنِ خِلاَفًا لِلسُّنَّةِ الَّتِيْ مَضَى عَلَيْهَا الْعَمَلُ فَتِلْكَ
بِدْعَةٌُ لاَ خَيْرَ فِيْهَا وَوَاجِبٌ ذَمُّهَا وَالنَّهْيُ عَنْهَا وَاْلأَمْرُ
بِاجْتِنَابِهَا وَهِجْرَانُ مُبْتَدِعِهَا إِذَا تَبَيَّنَ لَهُ سُوْءُ
مَذْهَبِهِ وَمَا كَانَ مِنْ بِدْعَةٍِ لاَ تُخَالِفُ أَصْلَ الشَّرِيْعَةِ
وَالسُّنَّةِ فَتِلْكَ نِعْمَتِ الْبِدْعَةُ
Artinya: “Adapun ucapan Umar radhiyallahu ‘anhu,
sebaik-baik bid’ah, maka bid’ah dalam bahasa Arab adalah menciptakan dan
memulai sesuatu yang belum pernah ada. Maka apabila bid’ah tersebut dalam agama
menyalahi sunnah yang sudah berlaku, maka ia adalah bid’ah yang tidak baik,
wajib mencela dan melarangnya, menyuruh menjauhinya dan meninggalkan pelakunya
apabila telah jelas keburukan alirannya. Sedangkan bid’ah yang tidak
menyelisihi dasar syari’at dan sunnah, maka itu sebaik-baik bid’ah.” [1]
Perhatikanlah, dengan berlandaskan pada ucapan Umar bin
Khathtab radhiyallahu ‘anhu, beliau menegaskan bahwa bid’ah yang
terlarang, yang disifati sebagai bid’ah dhalalah, adalah bid’ah dalam
agama yang menyelisihi sunnah yang telah berlaku di dalam agama ini. Bid’ah
semacam ini harus ditolak, dicela, dilarang, bahkan pelakunya wajib dijauhi
jika memang kesesatannya telah terbukti dengan jelas. Namun, apabila bid’ah
dalam urusan agama itu tidak bertentangan dengan sunnah yang telah berlaku,
maka ia adalah sebaik-baik bid’ah.
Wallahu a’lam
0 comments:
Post a Comment