Allah Subhanahu wata'ala berfirman:
إِنَّ الَّذِيْنَ آمَنُوْا وَالَّذِيْنَ هَادُوْا وَالنَّصَارَى وَالصَّابِئِيْنَ مَنْ آمَنَ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَعَمِلَ صَالِحًا فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلاَ خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَ هُمْ يَحْزَنُوْنَ (٦٢)
Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.(62)
- Tafsir Ath-Thabari
Yang dimaksud [orang-orang yang beriman] dalam ayat ini adalah mereka yang membenarkan ajaran Rasulullah Saw. Sedangkan yang dimaksud [Haadu] pada ayat ini adalah-orang-orang Yahudi. Menurut Ibnu Juraij kata [Haadu] muncul dari pengakuan mereka sendiri untuk menjadi bangsa Yahudi. Lafazh [Nashaaraa] menurut
riwayat Ibnu Juraij adalah orang-orang yang mula-mula mendiami suatu
daerah yang bernama Nazaret. Sedangkan dalam riwayat Ibnu Abbas yang
dimaksud [Nashaaraa] adalah orang-orang yang menjadi penolong Nabi Isa as. Adapun yang dimaksud [Shaabi'iin] menurut Mujahid adalah sekelompok orang yang tidak beragama. Namun, sebagian ahli tafsir berpendapat bahwa yang dimaksud [Shaabi'iin] adalah setiap orang yang keluar dari suatu agama dan berpindah kepada agama yang lain.
Ayat ini menerangkan bahwa orang-orang Mukmin, Yahudi, Nashrani, ataupun Shabi'in yang beriman kepada Allah dan hari Kiamat dan mereka tidak mengganti dan mengubah keyakinan mereka hingga mereka wafat dan mereka melakukan amal kebaikan sebagai bentuk ketaatan pada-Nya, maka mereka mendapatkan pahala atas amal kebaikan yang telah mereka kerjakan dan mereka tidak akan merasa takut terhadap apa yang akan mereka hadapi pada hari Kiamat dan tidak akan bersedih hati dengan apa yang telah mereka tinggalkan di dunia karena mereka yakin akan kenikmatan akhirat yang kekal. Demikian menurut Imam Ath-Thabari.
➨ Rujukan: Tafsir Ath-Thabari, Jilid I, 2001: 723-732.
0 comments:
Post a Comment