Nama lengkap Imam Syafi'i adalah Muhammad bin Idris al-Syafi'i. Beliau lahir pada tahun 150 H, bertepatan dengan tahun wafatnya Imam Abu Hanifah, dan wafat di Mesir pada tahun 204 H. Imam Syafi'i adalah seorang mujtahid muthlaq mustaqil. Selain ahli dalam bidang fiqih, beliau juga mahir dalam Ilmu Hadits dan Aqidah. Tentang keagungan dan keistimewaan Imam Syafi'i, Dr. Wahbah al-Zuhaili mengatakan:
كَانَ
مُجْتَهِدًا مُسْتَقِلاً مُطْلَقًا إِمَامًا فِي الْفِقْهِ وَالْحَدِيْثِ جَمَعَ فِقْهَ
الْحِجَازِيِّيْنَ وَالْعِرَاقِيِّيْنَ. قَالَ فِيْهِ أَحْمَدُ "كَانَ أَفْقَهَ
النَّاسِ فِيْ كِتَابِ اللهِ وَسُنَّةِ رَسُوْلِهِ.. إلى أن قال.. "اِتَّفَقَ
الْعُلَمَاءُ مِنْ أَهْلِ الْفِقْهِ وَاْلأُصُوْلِ وَالْحَدِيْثِ وَاللُّغَةِ وَالنَّحْوِ
وَغَيْرِ ذَلِكَ عَلَى أَمَانَتِهِ وَعَدَالَتِهِ وَزُهْدِهِ وَوَرَعِهِ وَتَقْوَاهُ
وَجُوْدِهِ وَحُسْنِ سِيْرَتِهِ وَعُلُوِّ قَدْرِهِ
"Imam Syafi'i adalah seorang mujtahid mustaqil muthlaq, imam dalam bidang fiqih dan hadits. Beliaulah yang mampu menggabungkan fiqh ulama hijaz (sekarang wilayah Makkah dan Madinah) dan fiqh ulama Iraq. Imam Ahmad berkomentar, "Imam Syafi'i adalah orang yang paling mengerti tentang kitab Allah dan Sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam"... (seterusnya)... Semua ulama ahli fiqh, ushul, hadits, ahli bahasa serta ulama yang lain telah sepakat bahwa Imam Syafi'i adalah seorang yang amanah, adil, zuhud, wara', bertakwa, pemurah, reputasinya baik, serta mempunyai kedudukan yang mulia." (Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh, juz I, hal. 36)
Inilah keistimewaan dari pendiri madzhab Syafi'i. Apa yang beliau rintis kemudian diteruskan oleh para pengikutnya, Seperti Yusuf bin Yahya al-Buwaithi, Abu Ibrahim Ismail bin Yahya al-Muzani, dan lainnya. Termasuk pengikut madzhab Syafi'i adalah Imam Bukhari. Syaikh Waliyullah al-Dahlawi menyebutkan dalam kitab Al-Inshaf fi Bayani Asbab al-Ikhtilaf:
وَمِنْ
هَذَا الْقَبِيْلِ مُحَمَّدُ بْنِ إِسْمَاعِيْلَ الْبُخَارِيُّ فَإِنَّهُ مَعْدُوْدٌ
فِيْ طَبَقَاتِ الشَّافِعِيَّةِ. وَمِمَّنْ ذَكَرَهُ فِيْ طَبَقَاتِ الشَّافِعِيَّةِ
الشَّيْخُ تَاجُ الدِّيْنِ السُّبْكِيُّ، وَقَالَ إِنَّهُ تَفَقَّهَ بِالْحُمَيْدِيِّ،
وَالْحُمَيْدِيُّ تَفَقَّهَ بِالشَّافِعِيِّ. وَاسْتَدَلَّ شَيْخُنَا الْعَلاَّمَةُ
عَلَى إِدْخَالَ الْبُخَارِيِّ فِي الشَّافِعِيَّةِ بِذِكْرِهِ فِيْ طَبَقَاتِهِمْ
"Termasuk kelompok ini (pengikut madzhab Syafi'i) adalah Muhammad bin Ismail al-Bukhari. Sesungguhnya beliau termasuk salah satu kelompok pengikut Imam Syafi'i. Di antara ulama yang mengatakan bahwa Imam Bukhari termasuk kelompok Syafi'iyyah adalah Syaikh Tajuddin al-Subki. Beliau mengatakan, "Imam Bukhari itu belajar agama pada al-Humaidi. Sedangkan al-Humaidi sendiri belajar agama kepada Imam Syafi'i. Beliau juga berdalil tentang masuknya Imam Bukhari dalam kelompok Syafi'iyyah, sebab Imam Bukhari telah disebut dalam kitab Thabaqat Syafi'iyyah." (Al-Inshaf fi Bayani Asbab al-Ikhtilaf, 76)
Keterangan yang sama diungkapkan oleh Syaikh Musthafa Muhammad 'Imarah:
وَتَفَقَّهَ
(البخاري) عَلَى مَذْهَبِ الْإِمَامِ الشَّافِعِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ
"Dan Imam Bukhari itu belajar (mengikuti madzhab Syafi'i radhiyallahu 'anhu." (Jawahir al-Bukhari, 10)
Apabila dianalogikan pada keahlian, maka Imam Bukhari diibaratkan pakar bahan baku, tetapi metode pengolahannya tetap mengikuti teori Imam Syafi'i. Imam Syafi'i, di samping ahli "bahan baku", beliau juga ahli mengolah "bahan baku" tersebut. Maka tidak heran apabila beliau menghasilkan produk hukum yang diikuti oleh umat Islam, termasuk juga pakar hadits.
0 comments:
Post a Comment