Allah
SWT menyediakan keutamaan yang luar biasa bagi orang-orang yang melakukan puasa sunnah enam
hari di bulan Syawal. Syekh Nawawi al-Bantani dalam kitab Nihayatuz
Zain menjelaskan sebagai berikut:
(و) الرابع صوم (ستة
من شوال) لحديث من صام رمضان ثم أتبعه ستا من شوال كان كصيام الدهر، ولقوله أيضا صيام
رمضان بعشرة أشهر وصيام ستة أيام بشهرين فذلك صيام السنة أي كصيامها فرضا وتحصل السنة
بصومها متفرقة منفصلة عن يوم العيد لكن تتابعها واتصالها بيوم العيد أفضل وتفوت بفوات
شوال ويسن قضاؤها
“Keempat adalah (puasa sunnah enam hari di bulan Syawal),
dasarnya adalah hadits, ‘Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian
mengikutinya dengan puasa enam hari puasa di bulan Syawal, maka ia seakan puasa
setahun penuh.’ Hadits
lain mengatakan, puasa sebulan Ramadhan setara dengan puasa sepuluh bulan,
sedangkan puasa enam hari di bulan Syawal setara dengan puasa dua bulan. Semua
itu seakan setara dengan puasa (wajib) setahun penuh’. Keutamaan sunnah puasa Syawal sudah diraih dengan
memuasakannya secara terpisah dari hari Idul Fitri. Hanya saja memuasakannya
secara berturut-turut lebih utama. Keutamaan sunnah puasa Syawal luput seiring
berakhirnya bulan Syawal. Tetapi dianjurkan mengqadhanya.”
Dari penjelasan tersebut dapat dilihat bahwa idealnya puasa sunnah enam hari di
bulan Syawal itu dilakukan persis setelah
hari Raya Idhul Fitri, yaitu dari tanggal 2 hingga 7
Syawal. Namun demikian, orang yang menunaikannya di luar tanggal tersebut sekalipun tidak berurutan, tetap mendapat keutamaan puasa sunnah Syawal seakan puasa wajib setahun
penuh. Bahkan,
orang yang mengqadha puasa atau menunaikan nadzar puasanya di bulan Syawal
tetap mendapat keutamaan seperti mereka yang melakukan puasa sunnah Syawal.
Syekh Ibrahim al-Baijuri dalam Hasyiyatul Baijuri ‘alâ
Syarhil ‘Allâmah Ibni Qasim menegaskan:
وإن لم يصم رمضان كما
نبه عليه بعض المتأخرين والظاهر كما قاله بعضهم حصول السنة بصومها عن قضاء أو نذر
“Puasa sunnah Syawal tetap dianjurkan meskipun seseorang
tidak berpuasa Ramadhan, seperti diingatkan sebagian ulama muta’akhkhirin. Tetapi
yang jelas, seperti yang dikatakan oleh sebagian ulama, seseorang mendapat
keutamaan sunnah puasa Syawal dengan cara melakukan puasa qadha atau puasa
nadzar (di bulan Syawal).”
Sebagian ulama bahkan menerangkan bahwa orang yang
melakukan puasa sunnah, seperti puasa Senin-Kamis, puasa hari-hari putih yang
disumnahkan setiap bulan, atau puasa Daud, tetap mendapat keutamaan puasa sunnah
Syawal.
ومما يتكرر بتكرر السنة
(ستة من شوال) وإن لم يعلم بها أو نفاها أو صامها عن نذر أو نفل آخر أو قضاء عن رمضان
أو غيره. نعم لو صام شوالا قضاء عن رمضان وقصد تأخيرها عنه لم يحصل معه فيصومها من
القعدة
“Salah satu puasa tahunan adalah (puasa enam hari di
bulan Syawal) sekalipun orang itu tidak mengetahuinya, menapikannya, atau
melakukan puasa nadzar, puasa sunah lainnya, puasa qadha Ramadhan atau lainnya
(di bulan Syawal). Tetapi, kalau ia melakukan puasa Ramadhan di bulan Syawal
dan ia sengaja menunda enam hari puasa hingga Syawal berlalu, maka ia tidak
mendapat keutamaan sunah Syawal sehingga ia berpuasa sunah Syawal pada Dzul
Qa‘dah,” (Lihat: Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani, Qutul
Habibil Gharib, Tausyih alâ Ibni Qasim, hal. 117).
Seluruh penjelasan ini menunjukan betapa besarnya keutamaan puasa sunnah enam hari di
bulan Syawal. Utamanya waktu pelaksanaannya adalah enam
hari berturut-turut setelah
satu Syawal. Namun demikian, keutamaannya tetap bisa didapat bagi mereka yang berpuasa sunnah tanpa berurutan di bulan Syawal, bahkan puasa sunnah Syawal boleh dilanjutkan atau diqada
di bulan Dzulqa’dah.
Wallahu a’lam
0 comments:
Post a Comment