Monday, July 15, 2019

Published July 15, 2019 by with 0 comment

Makna Hadits "Semua Bid'ah adalah Sesat" (Bagian Pertama)

Sebagian orang ada yang mengatakan kalau memang bid’ah itu terbagi dua: bid’ah hasanah dan bid’ah dhalalah, lalu bagaimana dengan hadits Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam yang secara tegas mengatakan bahwa semua bid’ah adalah sesat. Bukankah pembagian bid’ah semacam itu bertentangan dengan sabda Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam tersebut?
 
Sebelum uraian perihal makna hadits “Semua bid’ah adalah sesat” disampaikan, sebaiknya kita simak terlebih dahulu bunyi hadits tersebut.
 
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍِ، اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اَلاَ وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ اْلأُمُوْرِ فَإِنَّ شَرَّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ مُحْدَثَةٍِ بِدْعَةٌُ وَكُلُّ بِدْعَةٍِ ضَلاَلَةٌُ
 
Artinya: Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ingatlah, berhati-hatilah kalian, jangan sampai membuat hal-hal yang baru. Karena perkara yang paling jelek adalah membuat-buat hal baru dalam masalah agama. Dan setiap perbuatan baru yang dibuat itu adalah bid’ah. Dan sesungguhnya semua bid’ah itu adalah sesat.” [1]
 
Perlu diingat bahwa untuk memahami al-Qur’an ataupun al-Hadits, tidak bisa dilihat hanya secara parsial atau hanya dengan melihat arti lahiriah dari sebuah teks saja. Agar makna yang terkandung dalam sebuah teks bisa dipahami dengan baik dibutuhkan penelitian dari sejumlah aspek, misalnya dari segi Nahwu, Sharf, Balaghah, Mantiq, dan sebagainya, termasuk di dalamnya hal yang terkait dengan kondisi masyarakat ketika ayat atau hadits tersebut diturunkan. 
 
Dalam kaitannya dengan hadist di atas, para ulama Ahlussunnah wal Jama'ah berpendapat bahwa “Semua bid’ah adalah sesat”, merupakan kata-kata umum yang jangkauannya harus dibatasi (‘ammun makhshush). Al-Imam al-Nawawi rahimahullah, seorang ulama terkemuka Ahlussunnah wal-Jama’ah berkata tentang hadits ini:
 
قَوْلُهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَكُلُّ بِدْعَةٍِ ضَلاَلَةٌُ هَذَا عَامٌّ مَخْصُوْصٌ وَالْمُرَادُ غَالِبُ الْبِدَاعِ
 
Artinya: “Sabda Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam, ‘Semua bid’ah adalah sesat’, adalah kata-kata umum yang dibatasi jangkauannya. Maksud ‘semua bid’ah adalah sesat’, adalah sebagian besar bid’ah adalah sesat, bukan seluruhnya.” [2]
 
Dalam uraiannya di atas, al-Imam al-Nawawi rahimahullah jelas mengatakan bahwa yang dimaksud dengan hadits di atas adalah sebagian besar dari bid’ah itu adalah sesat, bukan seluruhnya. Mengapa? Karena ucapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam “semua bid’ah adalah sesat” merupakan kata-kata umum yang harus dibatasi jangkauannya. Itulah sebabnya para ulama membagi bid’ah menjadi dua: bid’ah hasanah dan bid’ah sayyiah. Bahkan sebagaimana yang telah dipaparkan sebelumnya, ada ulama yang membagi bid’ah ke dalam lima bagian, sesuai dengan jumlah hukum Islam yang lima.
 
Lalu bagaimana dengan kata kullu yang dipergunakan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits di atas. Bukankah secara tekstual kata kullu bermakna seluruh atau semua? Selintas memang demikian. Namun perlu dietahui bahwa tidak semua kata kullu selamanya berarti semua atau seluruh. Ada kalanya kullu berarti sebagian. Simaklah beberapa contoh berikut ini:
 
Di dalam al-Qur’an Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
 
وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ
 
Artinya: Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman? [3]
 
Coba perhatikan ayat di atas. Di dalamnya Allah subhanahu wa ta’ala menggunakan kata kullu, namun tidak berarti semua benda yang ada di dunia ini diciptakan dari air. Salah satu buktinya adalah firman Allah subhanahu wa ta’ala:
 
وَخَلَقَ الْجَانَّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ
 
Artinya: Dan Dia menciptakan jin dari nyala api. [4]
 
Contoh lainnya adalah firman Allah subhanahu wa ta’ala:
 
وَكَانَ وَرَاءَهُمْ مَلِكٌ يَأْخُذُ كُلَّ سَفِينَةٍ غَصْبًا
 
Artinya: Karena di hadapan mereka ada seorang raja yang merampas tiap-tiap bahtera. [5]
 
Pada ayat ini Allah subhanahu wa ta’ala pun menggunakan kata kullu untuk menjelaskan peristiwa yang dialami oleh Nabi Musa ‘alaihis salam dan Nabi Khidhir ‘alaihis salam. Kalau kita membaca ayat ini secara utuh di dalam al-Qur’an akan kita peroleh informasi tentang kisah Nabi Musa alaihis salam dan Nabi Khidhir ‘alaihis salam yang sedang berhadapan dengan seorang raja zalim yang suka merampas perahu-perahu bagus yang dilihatnya. Raja itu hanya mengambil perahu-perahu yang masih bagus dan membiarkan perahu-perahu yang sudah terlihat jelek.
 
Meskipun di dalam ayat ini digunakan kata kullu, namun ternyata raja zalim itu tidak mengambil semua perahu. Hanya yang masih bagus saja yang diambil olehnya. Hal ini memperlihatkan bahwa kullu pada ayat itu tidak bisa diartikan keseluruhan, namun yang tepat adalah sebagian saja.
 
Wallahu a'lam


[1] HR Imam Ibnu Majah.
[2] Lihat: Syarh Shahih Muslim, 6/154.
[3] QS. al-Anbiya’ [21]: 30
[4] QS. al-Rahman [55]: 15
[5] QS. al-Kahfi [18]: 79
      edit

0 comments:

Post a Comment